Sebenarnya Pengertian Dari Istilah Prenatal Adalah

Sebenarnya Pengertian Dari Istilah Prenatal Adalah

Kita pasti pernah mendengar istilah prenatal. Pengertian dari prenatal adalah masa sebelum lahir atau bisa juga diartikan sebagai periode awal perkembangan janin yang sudah dimulai sejak awal pembuahan hingga waktu persalinan. Periode ini sangat rentan terjadi gangguan pada janin, jadi perlu perhatian serta asupan nutrisi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan juga psikologis.

Ibu hamil dalam kondisi seperti ini penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dan menghindari semua hal yang bisa membahayakan kehamilan. Asupan vitamin prenatal bagi ibu hamil sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Vitamin prenatal yang sering dikenal yaitu zat besi,asam folat, kalsium.

Jenis Vitamin Prenatal Yang Baik

Suplemen prenatal ,mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang tentunya diperlukan oleh ibu dan bayi. Asam folat dibutuhkan untuk mencegah cacat lahir pada bayi karena asam folat berperan penting dalam pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang. Memenuhi kebutuhan asam folat sebelum hamil sampai beberapa minggu setelah kehamilan sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Zat besi juga mengalami peningkatan pada masa kehamilan. Zat besi ini berperan mengantarkan oksigen untuk ibu dan bayi. Kekurangan zat besi saat hamil menyebabkan anemia defisiensi besi, di mana dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, dan kematian bayi.

Kalsium juga dibutuhkan untuk membantu mencegah ibu kehilangan kepadatan tulangnya karena bayi menggunakan kalsium pada tubuh ibu untuk pertumbuhan tulang, gigi, juga kesehatan otot dan saraf.

Siapa yang Perlu Vitamin Prenatal?

Vitamin prenatal ini terutama sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengalami keterbatasan diet, mempunyai masalah kesehatan, atau komplikasi saat kehamilan, seperti:

  • Ibu vegetarian atau vegan
  • Ibu yang mempunyai intoleransi laktosa atau intoleransi pada jenis makanan lain
  • Ibu yang merokok
  • Ibu yang mengalami penyakit berhubungan dengan darah
  • Ibu yang mempunyai gangguan makan
  • Ibu yang menderita penyakit kronis
  • Ibu yang pernah mengalami operasi lambung
  • Ibu yang mengalami kehamilan anak kembar

Efek samping obat prenatal

Beberapa efek samping yang umum terjadi dari konsumsi vitamin prenatal ini meliputi konstipasi, rasa mual, juga sakit kepala. Juga sering ada keluhan tidak enak dimulut setelah menelan vitamin prenatal ini. Selain itu ada juga reaksi alergi terhadap vitamin prenatal yang dapat bermanifestasi dalam bentuk bengkak dan gatal gatal. Walaupun ada efek samping dari vitamin prenatal ini namun ada banyak juga wanita yang tidak memiliki efek samping sama sekali.

Mengonsumsi suplemen prenatal yang mengandung lebih dari 30 mg zat besi dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mencoba mengonsumsinya sebelum tidur atau bersamaan dengan makanan lain untuk membuatnya lebih mudah dicerna dan tidak membuat Anda ingin muntah.

Terlalu banyak zat besi juga dapat menyebabkan sembelit atau bisa juga diare (jarang terjadi). Untuk mencegah sembelit, Anda bisa minum lebih banyak air dan tambahkan serat (dari sayur dan buah) pada menu makan Anda.

Sesuai penjelasan di atas tadi,  prenatal adalah masa sebelum lahir. Sehingga kebutuhan nutrisi saat hamil harus terpenuhi secara baik agar menunjang perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Cara sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan dalam mencukupi kebutuhan nutrisi pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Perlu Anda ketahui bahwa makanan bergizi tidak hanya berguna untuk menunjang kesehatan pada waktu hamil, akan tetapi memiliki dampak positif dalam mempersiapkan proses persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *