Pengertian Sales Counter dan Sikap Yang Harus Dimiliki

Pengertian Sales Counter dan Sikap Yang Harus Dimiliki

Suatu perusahaan pada umumnya mempunyai staf yang tugasnya adalah menjual produk di konternya, atau yang sering disebut dengan sales counter. Maka penertian sales counter adalah staf yang bertugas pada penjualan sebuah produk perusahaan. Pada umumnya seorang staf tersebut akan berpromosi serta menjual berbagai macam produk yang terdapat di konternya. Tugas utama yang sebaiknya dilakukan yaitu memberikan pelayanan yang baik pada para konsumen. Tujuannya supaya  konsumen bisa tertarik untuk membeli produk yang ada di konternya.

Sales counter juga diharuskan untuk mampu mencapai target  penjualan. Caranya yaitu dengan meningkatkan pelayanan pada para konsumen. Tak hanya itu, mereka juga harus bisa menerima serta memberikan solusi pada keluhancustomer.  Salah satu tanggung jawabnya yaitu dengan menjaga nama baik perusahaan. Menjadi seorang sales juga harus bertanggung jawab menjaga barang yang ada di konternya, apabila perlu dirapikan supaya bisa terlihat lebih indah. Menjadi seorang sales counter sebaiknya memiliki sifat sifat seperti berikut ini.

Semangat Bekerja

Semangat dalam bekerja sebaiknya terus ditunjukkan seorang sales. Hal ini bisa berpengaruh pada cara kerja. Apabila seseorang bisa semangat dalam bekerja, tentu saja mereka akan mudah menyalurkan energi positif yang ada di dirinya. Dengan demikian, bekerja pun akan menjadi lebih terasa nyaman. Kemudian bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para customer. Sikap profesional pada pekerjaan sebaiknya juga dilakukan. Sikap ini bisa ditunjukkan dari cara dia untuk menghadapi konsumen. Maka sebaiknya jangan biarkan rasa emosi mengganggu profesionalisme ketika bekerja. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pengurangan para customer.

Punya Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri dan smart  sangatlah diperlukan untuk melayani konsumen. Percaya diri harus dimiliki setiap orang, tidak hanya orang yang profesinya sebagai pemasaran atau marketing sajas. Dengan memiliki sikap percaya diri seseorang menjadi lebih mampu mengembangkan keahliannya. Mka dari itu, diharapkan bisa menjadikan konsumen untuk bisa tertarik pada produk tersebut. Seorang tenaga penjualan sebaiknya juga pintar. Hal ini dibutuhkan supaya mereka bisa menguasai pengetahuan tentang produk yang telah ditawarkan. Maka, apabila suatu saat konsumen menanyakan mengenai produk, karyawan tersebut bisa menjelaskannya dengan lancar. Hal ini bisa untuk meyakinkan kepada konsumen.

Berperilaku Baik

Seorang yang profesinya menjadi seorang sales counter, sebaiknya memiliki sikap yang baik. Sikap ini bisa ditunjukkan dengan sikap yang sopan pada pelanggan. Menjadi seorang sales counter harus bisa jujur dengan kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan. Maka jangan pernah membohongi customers tentang produk yang anda tawarkan. Sebab hal tersebut bisa mengecewakan para konsumen.  Untuk menarik konsumen, anda juga harus ramah tamah.

Menjaga Penampilan

Seseorang yang profesinya menjadi sales counter ini harus bisa berias diri. Tidak perlu pandai untuk merias, akan tetapi sebaiknya harus bisa penampilannya terlihat menarik. Sebaiknya dilakukan dengan menggunakan riasan wajah, rambut, pakaian, sepatu, dan juga kerudung untuk yang memakainya. Tujuan dari mempercantik diri ini yaitu untuk menunjang penampilannya dihadapan para konsumen. Konsumen pada umumnya akan lebih tertarik dengan salesman yang terlihat rapi dan bersih.

Melakukan Interaksi Dengan Konsumen

Hal yang sebaiknya anda lakukan ketika proses penjualan berlangsung yaitu untuk melakukan interaksipada customers. Interaksi bisa dimulai dengan memberikan salam atau menyapa konsumen dengan ramah. Kemudian dilakukan percakapan yang singkat, yang tujuannya supaya bisa mengetahui kebutuhan konsumen. Apabila Anda mengetahui tentang kebutuhan konsumen, maka anda akan semakin mudah dalam menawarkan produk yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *