Menu dan Resep MPASI 10 Bulan Untuk Bayi Anda

Menu dan Resep MPASI 10 Bulan Untuk Bayi Anda

Di usia 10 bulan, bayi sudah makin aktif sebab rasa ingin tahunya makin tinggi dalam mengeksplor benda yang ada di sekelilingnya. Anggota tubuhnya berkembang makin dinamis. Mulai belajar berdiri dan mencoba untuk berjalan. Oleh karena itu asupan MPASI 10 bulan yang tepat dapat mengoptimalkan perkembangan tersebut.

Sebagai manusia kecil yang sedang sibuk dengan tumbuh berkembang, kebutuhan zat gizi pada tubuh anak sangat banyak. Oleh karena itu kekurangan asupan zat gizi jangan sampai terjadi sebab efeknya fatal sekali. Bahkan ini hingga kelak di usia dewasanya. Memberi MPASI tak hanya dibutuhkan kreativitas, tapi orang tua juga perlu memiliki pengetahuan yang cukup. Supaya bayi lahap ketika makan MPASI. Sebab jika tidak justru menjadi anak yang sering melakukan aksi ‘Gerakan Tutup Mulut.’

Resep MPASI 10 Bulan Penambah Berat Badan

Sajian yang bisa menjadi ide menu MPASI bayi usia 10 bulan harus memperhatikan kelengkapan nutrisinya mengingat kebutuhan nutrisi bayi cukup banyak pada tahapan ini. Sajikan menu makanan yang cukup bervariasi sehingga nutrisinya bisa saling melengkapi.

Rekomendasi makanan yang bisa diberikan meliputi ikan, protein hewani, jenis sayuran, buah-buahan dan makanan bergizi lainnya. Tetapi dalam hal ini hindari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Mengapa? Serat yang tinggi bisa menimbulkan masalah seputar pencernaan pada bayi sehingga dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Resep Tim Kentang Brokoli

Bahan:

  1. 1 gram tahu potong dengan ukuran kecil-kecil
  2. 40 gram daging ayam kampung
  3. 120 ml air bersih
  4. 200 gram kentang
  5. 25 gram brokoli dipotong kecil-kecil

Cara membuat:

  • Terlebih dahulu wortel,┬ádaging ayam, dan kentang anda masukkan dalam satu wadah seperti panci, tambah air lalu masak sampai mendidih
  • Selanjutnya masukan brokoli dan masak hingga teksturnya lunak
  • Segera hidangkan selagi hangat untuk bayi

Dalam resep tim kentang brokoli mengandung gizi yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh bayi dalam tahap perkembangannya. Selain itu kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi pada brokoli bisa berguna untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Pemberian Makanan Secara Responsif

Saat anda memberikan MPASI kepada bayi anda harus dilakukan dengan responsif. Maksudnya adalah pemberian makan agar bayi suka dengan makanannya dan sesuai porsi dan juga teksturnya. Di bawah ini tips yang bisa dilakukan saat pemberian makan pada bayi.

Jangan langsung diberi susu

Sebab jika hal ini dibiarkan bisa bisa jumlah asupan susunya per hari bisa seperti asupan air mineral, yakni 7-8 gelas. Kondisi inilah sebenarnya yang membuat anak jadi menolak tawaran makan disebabkan perut telah penuh. Di sisi lain, susu sendiri merupakan asupan pelengkap, bukan asupan pokok untuk memenuhi nutrisi harian anak.

Jangan langsung beri makanan keras

Sistem pencernaan pada bayi sangat sensitif serta diperlukan adaptasi dari yang mereka makan. Sehingga perlu pemberian makan yang sesuai dengan usia bayi.

Beri batasan waktu makan 30 menit

Memang memberi makan tidak segampang membalikan telapak tangan. Tapi, sayangnya membatasi waktu makan harus dibiasakan. Sebabnya, tubuh akan mengirimkan sinyal yang mengatur rasa kenyang ke otak setelah ia makan 30 menit. Jadi, kalau lebih dari waktu itu Anda masih mencoba menyuapi anak makan, peluang anak menolak saat diberi makan sangat tinggi.

Demikianlah informasi mengenai menu dan resep MPASI 10 bulan dan juga dilengkapi dengan tips pemberian makan secara responsif. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk bunda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *