Efek Samping Dan Cara Perawatan Luka yang Mungkin Terjadi Setelah Imunisasi BCG

Ada banyak imunisasi anak yang harus dijalankan dan salah satunya adalah imunisasi BCG. Imunisasi ini diberikan untuk mencegah anak agar tidak terkena penyakit tuberculosis yang cukup memberikan efek berbahaya bila terjadi pada anak. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah kelainan sumsum tulang belakang. Oleh karena itu ada baiknya bila Anda menyimak beberapa informasi penting yang berhubungan dengan imunisasi ini.

Efek Samping yang Dapat Terjadi Setelah Imunisasi BCG

Beberapa orang tua terkadang merasa panik karena setelah imunisasi ada beberapa hal yang terjadi pada anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya terjadi agar Anda dapat mempersiapkan diri dan tidak merasa cemas dalam menanganinya.

  • Rewel

Hal yang paling sering terjadi setelah di imunisasi adalah si kecil yang rewel disertai dengan kegelisahan atau badan yang lesu. Hal ini cukup banyak ditemui dan Anda tidak perlu cemas karena semuanya akan berangsur membaik dalam 1 atau 2 hari.

  • Munculnya bintik merah

Melihat anak yang tubuhnya tiba-tiba penuh dengan bintik merah tentu saja menyebabkan kecemasan tersendiri. Hal ini dapat terjadi setelah imunisasi BCG. Bila hal ini terjadi, akan lebih baik bila Anda segera membawa anak ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan intensif. Efek yang bisa terjadi dalam kasus ini adalah terjadinya pembengkakan selaput otak yang dapat berdampak cukup fatal.

  • Demam

Kasus yang paling umum dan sering terjadi setelah imunisasi adalah anak menjadi demam. Selama demam yang terjadi hanya ringan dan tidak mencapai 38,5 derajat celcius, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Sebagai penanganannya Anda dapat memberi banyak minum atau susu agar panasnya dapat segera mereda. Namun bila panasnya tak kunjung turun dan semakin bertambah, segeralah bawa anak Anda ke dokter.

Cara Merawat Luka Setelah Imunisasi BCG

Dalam beberapa kasus, anak dapat mengalami luka di bekas suntikan imunisasi sehingga Anda harus siap dan tidak panik. Berikut ini adalah beberapa cara merawat luka setelah imunisasi BCG.

  • Menjaga agar luka yang terdapat di kulit dalam keadaan kering dan bersih sehingga tidak menyebabkan efek yang fatal. Jika kebersihan tidak dijaga tentu saja lukanya akan sulit sembuh dan semakin parah.
  • Jangan panik bila seusai mandi luka yang terdapat di kulit menjadi terkelupas. Biasanya luka yang sudah mengeras dapat terkelupas berulang-ulang dan ini normal sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas.
  • Bila luka tersebut bernanah, jangan sembarangan mengolesinya dengan obat atau menekannya di bagian yang luka. Bila muncul nanah pada luka, bersihkanlah dengan menggunakan kapas cotton bud agar terjaga kebersihannya.

Setelah mengetahui banyak hal tentang efek samping imunisasi BCG dan cara penanganan luka, semoga Anda tidak akan merasa cemas berlebihan. Pilihlah tempat imunisasi yang Anda yakini dan recommended di sekitar tempat tinggal Anda. Lakukanlah tahapan demi tahapan imunisasi yang telah dijadwalkan sesuai dengan aturan agar anak terjaga daya tahan tubuhnya dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *