Daftar Kalori Makanan dan Minuman Beserta Cara Menghitungnya

Daftar Kalori Makanan dan Minuman Beserta Cara Menghitungnya

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan kesehatan dan mencegah kegemukan atau obesitas. Hal ini tentu saja membuat produsen makanan cepat saji menyiapkan berbagai menu yang diklaim rendah akan kandungan kalori. namun adakah makanan cepat saji yang benar- benar sehat? Kita lihat saja daftar kalori makanan dan minuman cepat saji di bawah ini.

Untuk membuat olahan makanan itu menjadi sedap, tentunya bahan dan juga bumbu tahambahan juga telah disisipkan. Akan tetapi bila pemberian bumbunya berlebih, maka jangan berpikir bahwa kita akan tertarik untuk mencicipinya, tapi kita akan geleng kepala saat menyadari berapa banyak kalori yang berada di dalamnya.

Daftar Kalori Makanan dan Minuman Yang Bikin Anda Kaget

Makanan siap saji mengandung kalori yang tinggi yaitu 50% dari jumlah kalori yang diperlukan sehari, dimana biasanya hanya dibutuhkan sekitar 400-1500 kalori. Jenis fast food yang memiliki kandungan kalori tertinggi yaitu hamburger, dimana kandungan kalorinya sebanyak 1200 kalori.

Minuman seperti dalam teh manis, minuman bersoda, dan susu dengan aneka rasa. Semua minuman ini bisa menambah sekitar 179 kalori lebih terhadap makanan mereka. Kandungan gula yang tinggi dikontribusikan oleh jenis makanan siap saji seperti dessert dan juga minuman ringan. Minuman ringan mengandung delapan sendok teh gula, dan jenis jajanan manis seperti donat mengandung sebanyak enam the gula.

Cara Menghitung Daftar Kalori Makanan dan Minuman

Tentukan Kebutuhan Kalori Harian

Asupan kalori harian untuk tiap orang itu rekomendasinya berbeda-beda. Hal ini tergantung kepada jenis kelamin, berat juga tinggi badan, usia, dan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan.

Secara umum, wanita usia 19 hingga 30 tahun yang hanya melakukan pekerjaan harian biasa membutuhkan 1800 hingga 2000 kalori per harinya. Akan tetapi berjalan sekitar 2,4 km setiap hari nya untuk wanita yang aktif memerlukan 2000 sampai dengan 2200 kalori setiap harinya.

Sedang untuk pria, meski dalam rentang usia sama, kebutuhan kalori sedikit lebih banyak. Pria dengan aktivitas harian biasa membutuhkan sekitar 2400 kalori per hari. Untuk pria yang gaya hidupnya aktif perlu 2400 kalori tiap hari.

Seiring bertambahnya umur, kebutuhan kalori juga berkurang. Saat memasuki usia 31 sampai 50 tahun, wanita perlu1800 hingga 2000 kalori tiap hari. Sedangkan pria membutuhkan 2200 hingga 2600 kalori per hari. Namun bila kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi 500 kalori dari rekomendasi asupan harian.

Hitung Berapa Kalori yang Kamu Makan

Jika sudah tahu seberapa banyak kebutuhan kalori harian, maka selanjutnya anda harus tahu total kalori makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah beberapa data kalori makanan yang sering kamu santap.

  • Nasi putih (dimasak; 170 gram) – 121 kalori
  • Nasi merah (dimasak; bulir sedang ; 170 gram) – 109 kalori
  • Oatmeal instan kemasan satuan – 150 kalori
  • Satu buah orak arik telur – 91 kalori
  • Ayam goreng (dengan kulit) satu potong paha – 162 kalori; satu potong dada -218 kalori
  • Daging sapi (85 gram) – 213 kalori
  • Ikan Kakap panggang fillet seberat 85 gram – 109 kalori
  • Fillet Salmon kukus 85 gram – 156 kalori
  • Seafood, cumi mentah 104 kalori (100 gram), udang mentah 20 kalori (4 udang)

Sedangkan untuk sayuran, rata-rata sajian ini rendah kalori. Seperti jamur, selada, brokoli, wortel dan lemon, kembang kol, bayam, tomat, bawang, semuanya kurang dari 40 kalori tiap sajiannya antara 170 hingga 300 gram.

Dan untuk minuman

  • Air mineral – 0 kalori
  • Minuman bersoda (230mL) – 106 kalori
  • Kopi instan (seduh; 1 sendok teh) – 5 kalori
  • Teh (seduh ; 1 cangkir) – 2 kalori

Dengan anda menghitung berdasarkan daftar kalori makanan dan minuman di atas, maka anda bisa mengetahui berapa banyak jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda dan berapa pula kebutuhan kalori untuk tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *