Cara Menghadapi Pertanyaan Interview Sales Yang Terbaik

Cara Menghadapi Pertanyaan Interview Sales Yang Terbaik

Posisi sales merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah bisnis.  Sebab meskipun perusahaan punya produk hebat, akan tetapi apabila penjualannya rendah, keuntungan akansulit sekali untuk didapatkan.Tapi, seorang sales yang punya kemampuan hebat untuk membujuk konsumen menjadikan sebuah produk biasa-biasa saja dapat menghasilkan keuntungan yang sangat banyak. Maka dari itulah posisi sales menjadi begitu penting.  Masing-masing startup punya berbagai kriteria ideal untuk calon karyawannya.  Keproses wawancara sangatlamudian di dalam cara inilah pertanyaan interview sales atau wawancara sangatlah penting untuk dilakukan.

Karena dengan adanya wawancara itulah, startup punya kesempatan di dalam mengenal calon talentnya lebihmendetail. Selain itu, kandidat juga dapat menjual dirinya semaksimal mungkin. Proses wawancara adalah sebuah tahap yang dinilai cukup penting. Entah itu bagi startup maupun untuk calon kandidatnya. Hal tersebut disebabkan kesalahan dalam wawancara, bisa berdampak pada kerugian pada kedua belah pihak. Startup juga akan merasa rugi sebab mereka tidak memperoleh calon yang diinginkan. Sebaliknya para calon juga akan rugi, sebab pekerjaan yang dikerjakannya mungkin akan tidak sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Nah, apabila saat ini Anda memiliki panggilan wawancara kerja sales, ada beberapa tips yang harus Anda tau supaya bisa sukses menjawab pertanyaan interview sales.

Jual Diri Anda Dengan Pengalaman anda

Posisi sales memang termasuk salah satu pekerjaan yang dinilai cukup menantang. Sebab pekerjaan sebagai seorang sales nanti akan berkaitan dengan usaha di dalam menjual sesuatu pada orang lain. Yang mana seseorang yang anda tawari tersebut belum tentu menginginkan, mengetahuinya, atau membutuhkan produk yang anda tawarkan tersebut. Sebab ujian pertama Anda ketika anda akan menghadapi wawancara kerja sales adalah dengan menjual diri Anda menjadi seorang salesman. Dan ini termasuk salah satu kesempatan yang bagus untuk ‘memamerkan’ skill Anda ketika menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara.  Contoh pertanyaan interview sales: ‘Apa yang membuat Anda tertarik dengan pekerjaan di bidang penjualan?’ dan ‘Apakah Anda berpikir jika Anda sudah cocok bekerja di perusahaan kami?’

Guna menjawab pertanyaan itu, Anda dapat mendemontrasikan riset yang sudah Anda lakukan tentang perusahaan serta berdiskusi mengapa Anda hendak ikut serta untuk menjual produk spesifik perusahaan atau layanan yang diberikan oleh perusahaan untuk konsumen. Maka dari itu, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk dapat paham pada produk perusahaan serta mempertimbangkan strategi penjualan. Kemudian anda menghubungkannya dengan pengalaman kerja yang sebelumnya Anda geluti.

‘Jual’ Diri Anda Untuk Posisi Sales

Jika ada pertanyaan ‘Apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi sales?’, maka anda bisa menjawabnya;

Saya termasuk seorang pemain golf amatir yang gemar berolahraga dan saya yakin produk perusahaan Anda sangat superior dan memiliki harga yang terjangkau pada sebagian besar pemain golf.

Saya telah bekerja pada bidang ini selama beberapa tahun dan saya merasa senang apabila memperoleh kesempatan dengan pengalaman menjual saya dalam sebuah produk hebat seperti pada perusahaan yang Anda keluarkan.

Kesempatan di dalam memanfaatkan pengalaman kerja yang ada di dalam penjualan internasional merupakan satu hal yang menjadikan saya merasa sangat tertarik mengenai posisi tersebut.

Perusahaan Anda punya rekam jejak yang sangat membanggakan dalam hal customer service dan saya sungguh-sungguhmengaguminya. Saya sendiri juga punya pengalaman yang sudah begitu luas untuk konsumen Anda. Selain itu saya juga tahu sekali bagaimana cara mengutamakan kepuasan dari para konsumen.

Nah, anda bisa menjawab pertanyaan interview sales dengan jawaban yang berkualitas seperti diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *