Cara Memimpin Organisasi Yang Baik dan Benar

Cara Memimpin Organisasi Yang Baik dan Benar

Pemimpin merupakan posisi yang banyak diinginkan oleh sebagian besar manusia. Baik itu berupa organisasi besar atau kecil. Dan peran pemimpin penting sekali guna memajukan organisasi. Dari sebagian besar orang yang ingin menjadi seorang pemimpin, banyak yang tidak mengetahui cara memimpin organisasi yang baik dan benar, apalagi mencapai status pemimpin yang hebat.  Menjadi seorang pemimpin atau calon pemimpin organisasi, sebaiknya telah siap menerima berbagai macam resiko yang berupa tanggungjawab yang besar. Sebaiknya juga tau mengenai manajemen organisasi dan tau tentang teknik pengambilan keputusan. Selain itu juga mengerti bagaimana  memimpin rapat atau pertemuan dan lain sebagainya.

Mengetahui Keinginan Anggota

Pemimpin tentu saja mempunyai anggota ataupun crew. Maka menjadi seorang pemimpin sebaiknya tau akan keinginan anggotanya.  Mulai jumlah anggota kelompok, seorang pemimpin harus tau keinginan setiap anggota. Paling tidak menjadi calon pemimpin hebat dapat menebak meskipun tidak mewawancarainya dengan langsung. Dengan tau akan keinginan anggota, maka seorang pemimpin dapat mengira ngira bagaimana langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan suatu masalah.

Bisa Menerima Saran

Pada suatu organisasi pastinya selalu ada kegiatan pertemuan seperti rapat, sarasehan maupun sekedar kegiatan sharing. Dari situlah seorang pemimpin bisa semakin dekat dengan anggotanya. Sesudah hubungan antara pemimpin beserta anggota menjadi semakin dekat, maka seorang anggota, mereka bisa lebih terbuka pada apa yang dibutuhkan oleh organisasi. Dari  sanalah bermacam saran akan lebih sering dicurahkan pada seorang pemimpin.

Bisa menerima saran merupakan salah satu dari sifat yang sebaiknya ada pada pemimpin hebat.  Memang terkadang saran ada yang dapat diterapkan dan ada juga yang tidak. Pemimpin sebaiknya paham mana saran yang dapat diterapkan dan mana saran yang tidakdapat diterapkan. Apabila proses menerima saran terjadi dengan tatap muka, maka sebaiknya disampaikan alasan saran tersebut bisa digunakan . Selain itu juga harus diberi alasan mengenai saran yang tidak diterima.

Tegas Berbicara

Cara memimpin organisasi harus dengan ketegasan. Sebuah organisasi tidak perlu seorang pemimpin yang bersikap biasa saja. Namun, sebuah organisasi sangat perlu seorang yang punya sikap ketegasan, termasuk juga dalam hal berbicara. Tentunya sebelum berbicara sebaiknya berpikir dengan baik perkataan apa yang harus dikeluarkan.

Bicara tegas itu adalah berbicara yang bisa sesuai dengan porsinya. Jangan sampai pada saat bersantai bersama dengan anggota perkataannya dibuat ormal seperti dalam organisasi, atau pembicaraan anda terlalu serius dan tidak mau bergurau sama sekali. Sebab seorang pemimpin yang hebat tidak akan termakan oleh sifat emosionalnya. Mereka akan lebih rapi  dan juga bisa lebih sederhana di dalam mengolah kata-kata. Dalam acara formal dan santai harus bisa dibedakan.

Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin yang hebat sebaiknya harus memiliki sikap berani dan juga bertanggung jawab. Tanpa memiliki sikap berani, pemimpin tidak akan bisa mempresentasikan kinerja dari organisasinya. Rasa berani sebaiknya juga selalu ada dengan tidak takut berbagai macam hal yang sudah jelas kebenarannya.  Apabila yang diyakini sudah jelas maka tak ada alasan lagi merasa takut dalam melakukan sesuatu. Apabila terdapat permasalahan, maka  pemimpin sebaiknya  berani mempertanggungjawabkan kinerja dari anggotanya. Sebab beban berat keputusan organisasi berada di tangan seorang pemimpin

Mengetahui alur birokrasi organisasi

Di dalam organisasi, pastinya ada birokrasi. Cara memimpin organisasi sebaiknya mengetahui alur jalannya birokrasi. Jangan sampai karena proses revisi yang tak selesai-selesai sehingga prosposal pengajuan menjadi tertunda terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *