7 Obat Panas Dalam Alami yang Mujarab

Panas dalam merupakan salah satu gangguan pada tenggorokan dan sistem pencernaan kita dengan ditandai adanya rasa panas atau terbakar pada bibir, tenggorokan, dada dan pencernaan.Terkadang karena parahnya panas dalam yang diderita, mulut dan tenggorokan akan sulit dan terasa sakit jika digunakan untuk menelam makanan. Kemudian pada mulut muncul sariawan dengan bibir yang pecah-pecah. Lantas apa saja obat panas dalam yang alami, aman, serta ampuh untuk digunakan? Berikut ulasannya:

Penyebab Panas Dalam

Panas dalam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kelelahan, kekurangan asupan vitamin C, makanan, serta adanya gangguan pencernaan. Panas dalam dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan menyiksa, sehingga harus segera diatasi.

7 Obat Panas Dalam Alami yang Mujarab

Tujuh Obat Panas Dalam Alami

Berikut beberapa cara alami untuk mengobati panas dalam yang telah terbukti ampuh:

Menggunakan Baking Soda

Baking soda memiliki pH di atas 7, sehingga mampu membantu meredakan asam lambung yang tinggi dalam lambung kita. Dengan asam lambung yang menurun, maka panas dalam juga dapat teratasi.

Cara penggunaan:

  • Ambil satu sendok baking soda dan larutkan ke dalam 1 gelas air
  • Aduk hingga larut dan segera minum
  • Ulangi pagi, siang dan sore agar mendapatkan hasil yang maskimal
  • Apabila panas dalam masih berlanjut, segera hubungi dokter

Mengonsumsi Buah Apel dan Pisang

Buah Apel dan Pisang juga dapat berfungsi untuk meredakan panas dalam. Kandungan antasida dalam buah Apel dan Pisang dapat membantu meredakan asam lambung yang mengganggu sistem pencernaan dan menimbulkan panas dalam. Dengan mengonsumsi buah ini, maka panas dalam akan mereda dan tubuh kembali terasa nyaman dan siap beraktivitas.

Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan yang memilki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiatnya adalah mampu meredakan dan menghilangkan panas dalam. Berbagai kandungan senyawa bermanfaat dalam madu dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah radikal-radikal bebas dalam tubuh. Madu dapat dikonsumsi secara langsung, atau bisa dicampurkan dengan teh atau air saja. Kemudian apabila bibir pecah-pecah dan sariawan, maka madu dapat dioleskan pada bibir.

Berkumur dengan Air Garam

Air garam juga dapat digunakan untuk meredakan panas dalam di mulut dan tenggorokan. Dengan berkumur menggunakan air garam, maka rasa gatal dan sakit pada mulut serta tenggorokan dapat mereda dan akhirnya menghilang. Untuk mengatasi sariawan, gunakan air garam untuk berkumur pada area yang sakit secara perlahan. Sedangkan untuk mengatasi tenggorokan yang sakit, air garam dapat digunakan untuk berkumur dengan cara mendongak.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin, mineral, dan serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama bagi lambung yang sedang bermasalah dan menimbulkan panas dalam. Sayuran hijau yang memiliki kadar asam rendah dapat membantu meredakan panas dalam, seperti sawi, kol, brokoli, serta  seledri. Yang harus diperhatikan adalah, menghindari rempah-rempah yang justru dapat meningkatkan panas dalam seperti bubuk cabai dan lada hitam.

Mengonsumsi Banyak Air

Bibir pecah-pecah dan sariawan dapat disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu, untuk mengatasi bibir pecah-pecah, sariawan dan panas dalam dapat dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, dengan banyak minum air putih maka racun-racun dalam tubuh dapat ikut terbuang bersama dengan urin dan keringat.

Menjaga Asupan Vitamin C

Salah satu penyebab panas dalam adalah kurangnya vitamin C, sehingga untuk mencegah dan mengatasi panas dalam adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Obat panas dalam di atas sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan terbukti dapat mengobati bibir pecah-pecah, sariawan, tenggorokan sakit, dan gejala panas dalam lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *